Tempat Download Software Full Gratis | Artikel Teknologi | Internet | Tips dan Trik | Desain Grafis | Iwan Fals dll

Monday, October 24, 2011

Motor Starter

Hello sobat, praktek disekolahan waktu lalu, saya akan membagikan pengetahuan mengenai otomotif pada kelistrikan di mobil. Kemarin saya sudah share juga mengenai Pemeriksaan Baterai (Accu) dan kali ini mengenai sistem start dengan nama komponennya adalah "Motor Starter".
Motor Starter adalah suatu komponen pada sistem start yang berfungsi menggerakan roda gila (flywheel) sehingga mesin hidup
Motor Starter ada dua tipe, yaitu :
  • Starter Konvensional
  • Starter Reduksi
Komponen-Komponen dari Motor Starter dan fungsinya :
  1. Yoke adalah sebuah silinder yang terbuat dari logam yang fungsinya tempat pole core yang diikat dengan sekrup
  2. Pole Core berfungsi sebagai penopang field coil dan memperkuat medan magnet yang ditimbulkan oleh field coil
  3. Field Coil terbuat dari lempengan tembaga yang fungsinya untuk membangkitkan medan magnet
  4. Armature & Shaft adalah sebatang besi yang berbentuk silindris dan diberi slot-slot, poros, komutator serta kumparan armature. Fungsinya adalah untuk merubah energi listrik menjadi energi mekanik dalam bentuk gerak putar.
  5. Brush terbuat dari tembaga lunak yang berfungsi untuk meneruskan arus listrik dari field coil ke armature coil langsung ke massa melalui komutator. Ada 4 buah brush dengan 2 tipe pada motor starter, yaitu:
    • Dua buah brush positif ( + )
    • Dua buah brush negatif ( - )
    Untuk membedakan tipe brush pada motor starter lihatlah bagian bawah brush, pada brush positif terdapat isolatornya dan pada brush negatif tidak ada isolatornya.
  6. Armature Brake berfungsi  untuk pengereman putaran armature setelah lepas dari perkaitan dengan roda penerus.
  7. Drive Lever fungsinya adalah untuk mendorong pinion gear ke arah posisi perkaitan dengan roda penerus (roda gila/ fly wheel)
  8. Starter Clucth berfungsi untuk memindahkan momen puntir dari armature shaft kepada roda penerus sehingga dapat berputar serta menjadi pengaman dari armature coil bilamana roda penerus cenderung memutar pinion gear.
  9. Magnetic Switch digunakan untuk menghubungkan dan melepaskan pinion gear ke/dari roda penerus sekaligus mengalirkan arus listrik yang besar pada sirkuit motor starter melalui terminal utama
    ada 3 terminal yang ada di magnetic switch yaitu : teminal 30, terminal 50, dan terminal C.
Cara Kerja Motor Starter :

Ketika kunci kontak diputar pada posisi ST maka magnetic switch (terminal 30) akan mendapatkan arus dari positif baterai lalu plunger akan tertarik sehingga drive lever mendorong pinion gear untuk berkaitan dengan roda gila/ roda penerus/ flywheel.
lalu arus akan turun ke armature melalui terminal C di magnetic switch, akibatnya armature akan berputar bersamaan dengan terdorongnya pinion gear oleh drive lever.

Itu adalah sedikit mengenai Motor Starter, semoga bermanfaat
sumber dari NEW STEP 1 (Training Manual) TOYOTA Service Training


DOWNLOAD FALS DUASATU UNTUK ANDROID
DISINI
CARA DOWNLOAD : KLIK LINK FILE > TUNGGU 5 DETIK > SKIP ADS / LEWATI

Artikel Terkait:

Anda sedang membaca artikel tentang Motor Starter dan anda bisa menemukan artikel Motor Starter ini dengan url http://fals-duasatu.blogspot.com/2011/10/motor-starter.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Motor Starter ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Motor Starter sumbernya.

No comments:

Post a Comment

Berilah komentar agar blog ini lebih maju dan berkembang lagi
Tolong jangan spam atau berbicara kasar disini
disini kita saling belajar

Terima Kasih Atas Perhatian dan Kunjungan Anda ^_^

Post a Comment