Tempat Download Software Full Gratis | Artikel Teknologi | Internet | Tips dan Trik | Desain Grafis | Iwan Fals dll

Wednesday, December 7, 2011

Pemeriksaan Sistem Pendingin Mobil


Hello sobat blogger, tadi saya baru saja Pemeriksaan Pad Rem, pada kesempatan kali ini saya akan bagikan langkah langkah untuk memeriksa sistem pendingin pada mobil. Diatas adalah komponen komponen dari sistem pendingin.
Fungsi Sistem Pendingin adalah untuk menjaga suhu mesin pada suhu ideal. Pasti sobat bertanya tanya, berapa suhu ideal mesin??? hayo ada yang tahu nggak ?? hehehehe . Suhu ideal mesin yaitu 80-90 derajat Celcius.
Lalu apa saja yang dibutuhkan untuk memeriksa sistem pendingin pada mobil????
Alat yang dibutuhkan untuk pemeriksaan sistem pendingin pada mobil adalah 

Langkah Pemeriksaan Sistem Pendingin :
  1. Pertama gunakan V Belt Tension Gauge untuk memeriksa kekencangan tali kipas, pada alat tersebut ada kode warna, ada merah, putih, hitam dan hijau. Jika Berwarna merah maka lihat tulisan pada area tersebut, jika bertuliskan "Too Low", maka tali kipas terlalu kendor ( kurang kencang). Jika bertuliskan "Too High", maka tali kipas terlalu kencang, harus disetel kembali.
  2. Periksa Tutup Radiator
    Periksa tutup radiator menggunakan Radiator Pressure Tester. Pada tutup radiator tertera 0.9, artinya kemampuan tutup tersebut mencapai 0.9 kgf/cm kuadrat. Jika tekanan pada radiator pressure tester menunjukan 0.9 tapi sedikit demi sedikit turun maka kemampuan tutup tersebut sudah berkurang dan harus diganti.
  3. Periksa kebocoran radiator
    Periksa kebocoran radiator menggunakan alat radiator pressure tester dengan tambahan selang yang kedua ujungnya terdapat tutup radiator. Periksa pada 0.5 kgf/cm kuadrat, jika tidak turun maka radiator dalam keadaan bagus. Jangan memberi tekanan melebihi 1.0 kgf/cm kuadrat, bisa-bisa radiatornya meledak/ pecah.
  4. Periksa Thermostat
    Thermostat adalah salah satu komponen pada sistem pendingin yang berfungsi untuk katup coolant. Pada suhu tertentu, thermostat akan membuka dan menutup kembali setelah dingin. Untuk memeriksa thermostat, caranya yaitu masukkan thermostat pada air lalu rebus, siapkan juga thermometer. Pada Thermostat ada spesifikasi tertentu, berapa suhu thermostat akan membuka. jadi untuk mengetahui berapa suhu ketika thermostat membuka kita menggunakan thermometer.
Huft, capek juga nulis segini banyaknya, hehehe. Tapi tak apa slogannya kn "Berbagi & Belajar" hehehe jadi harus tetap semangat untuk terus berbagi. karena berbagi itu terangkan hati, hehehe
Saya kira cukup ini yang dapat saya bagikan hari ini, mungkin pada artikel yang selanjutnya akan membahas mengenai komponen-komponen sistem pendingin.
Tutorial ini berasala dari catatan saya sendiri waktu melaksanakan praktek mengenai Sistem Pendingin, kurang lebihnya mohon maaf.

Semoga Bermanfaat ^_^


DOWNLOAD FALS DUASATU UNTUK ANDROID
DISINI
CARA DOWNLOAD : KLIK LINK FILE > TUNGGU 5 DETIK > SKIP ADS / LEWATI

Artikel Terkait:

Anda sedang membaca artikel tentang Pemeriksaan Sistem Pendingin Mobil dan anda bisa menemukan artikel Pemeriksaan Sistem Pendingin Mobil ini dengan url http://fals-duasatu.blogspot.com/2011/12/pemeriksaan-sistem-pendingin-mobil.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Pemeriksaan Sistem Pendingin Mobil ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Pemeriksaan Sistem Pendingin Mobil sumbernya.

No comments:

Post a Comment

Berilah komentar agar blog ini lebih maju dan berkembang lagi
Tolong jangan spam atau berbicara kasar disini
disini kita saling belajar

Terima Kasih Atas Perhatian dan Kunjungan Anda ^_^